Kamis, 25 Maret 2010

Marketing yang Cerdas

Apakah Anda menarik prospek dalam jumlah yang besar dengan biaya yang rendah ...dan mengubahnya menjadi pembeli? Bukan hal sulit jika Anda mengikuti 3 langkah mudah ini.

Langkah 1: Mengendalikan biaya iklan

Mencari cara untuk meningkatkan volume sales tanpa meningkatkan biaya iklan. Misalnya:

[Nego harga dengan agen iklan]
Banyak agen iklan yang bersedia memberikan diskon khusus demi kelangsungan usaha Anda. Berinisiatif ketika Anda menempatkan iklan. Mintalah diskon... atau diskon yang lebih besar dari yang pernah ditawarkan.

[Memotong iklan]
Mengurangi ukuran iklan sehingga Anda bisa memasang iklan tanpa menambah biaya. Tidak menutup kemungkinan jika iklan mini memberikan respon yang lebih besar daripada iklan yang besar.

Step 2: Melakukan publisitas gratis

Publisitas adalah apa yang Anda dapatkan ketika orang lain mempromosikan usaha Anda. Ini akan menciptakan kredibilitas lebih dengan kustomer daripada iklan…dan ini memberikan sales dengan harga yang lebih rendah.

Mulai program publisitas bagi bisnis Anda atau ekspansi apa yang sudah Anda punya. Berikut 3 cara sederhana yang bisa Anda gunakan:

Temukan berita yang layak untuk bisnis Anda. Tuliskan dalam news release dan kirimkan ke penerbit.
Menghubungi usaha lain yang bukan kompetitor di bidang Anda. Tawarkan untuk mempublikasikan produk atau jasa mereka untuk kustomer Anda, dan sebagai gantinya mereka mempublikasikan jasa Anda pada kustomernya.
Menulis artikel "praktis" untuk membantu kustomer pada target pasar Anda. Promosikan produk atau jasa terkait dengan artikel Anda. Distribusikan artikel Anda di penerbit ezine, web site dan majalah bisnis.
Perhatian: Gunakan publisitas gratis sebagai suplemen iklan Anda. Anda yang menentukan dimana dan kapan iklan tersebut muncul. Anda tidak bisa menentukan dimana atau kapan Anda mendapatkan punlisitas... atau tidak mendapatkan sama sekali.



Step 3: Meningkatkan proposi penjualan

Kebanyakan prospek yang meluangkan waktu untuk mempertimbangkan produk atau jasa Anda akan membeli dari Anda. Tapi mereka juga mempertimbangkan hal lain yang lebih penting atau lebih mendesak.

Anda sering melihat sales seperti ini yang secara dramatis meningkatkan penawarannya pada Anda. Menciptakan "deal yang bagus" yang sangat menarik sehingga menjadi pilihan pertama.

Anda tidak harus memangkas harga untuk meningkatkan penawaran Anda. Namun, tambahkan bonus pada penawaran Anda. Pastikan bonus Anda memiliki nilai yang tinggi bagi customer.

Selalu berikan batas penawaran. Berikan pilihan pada prospek untuk menerima proporsi Anda dalam waktu yang singkat. Ini akan memotivasi prospek untuk menunda pembelian yang lain sehingga mereka hanya membeli produk atau jasa Anda.

Tip: Untuk menciptakan penawaran yang menarik – berikan diskon khusus dan bonus bernilai pada penawaran Anda.

Mengendalikan biaya iklan dan mendapatkan publisitas gratis akan menarik minat konsumen dengan mengeluarkan biaya yang rendah. Meningkatkan propsisi penjualan Anda akan mengkonversi prospek menjadi pembeli. Jika digunakan secara bersamaan, 3 langkah ini saya sebut dengan "marketing cerdas".

***

Oleh: Bob Leduc
Sumber: www.marketingsource.com

Diterjemahkan oleh Iien - tim pengusahamuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar